Kamu Jurusan Teknik Informatika? Inilah 10 Daftar Prospek Pekerjaannya

Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang perangkat, baik sistem ataupun alat, yang dapat menyebarkan, menyampaikan ataupun mendistribusikan informasi. Ya, informatika sangat erat kaitannya dengan informasi. Bukan terletak pada penyampaiannya, namun lebih tertuju pada bagaimana cara menghasilkannya. 
 
Lantas, apakah kajian utama dari informatika?

Ya, informatika yang secara jelas diartikan sebagai perangkat yang menghasilkan informasi, lebih menunjuk pada jaringan ataupun telekomunikasi. Komputer, menjadi salah satu contoh di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi membuat jaringan telekomunikasi dan komputer menjadi bidang yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Perkembangannya tidak dapat dihentikan, apalagi menyurut. Perkembangan teknologi informasi terus berkembang menuju ke atrah yang lebih baik, maksimal, canggih dan efektif. 

Pada dasarnya, jurusan teknik informatika membimbing seseorang untuk dapat mengembangkan berbagai program informatika dengan menggunakan bahasa pemograman. Program – program komputer dirancang sedemikian rupa, untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan sesuatu. Maka dari itu, dalam pembelajarannya, jurusan teknik informatika juga mempelajari berbagai mata kuliah pendukung seperti matematika, ekonomi, entrepreneur, hingga sains. Hal ini ditujukan agar program yang nantinya dirancang dan dihasilkan oleh lulusan Teknik Informatika, menjadi program yang berguna untuk mengembangkan kemajuan bangsa secara utuh.

Kelihatannya sangat menarik, ya? Tapi, apa sih sebenarnya prospek kerja terbaik dari lulusan jurusan yang bergelar S.Kom ini? Berikut berkuliah.com akan memaparkannya sedikit. Yuk, kita bahas bersama – sama!


1. Programmer
 
Ya, seperti pada tugas dan pembelajaran dasarnya, bahwa menjadi lulusan teknik informatika erat kaitannya dengan pembuatan program. Membuat program sebagai perangkat lunak dari komputer untuk memudahkan fungsi – fungsi tertentu, menjadi tugas inti dari seorang programmer. Programmer yang dapat bekerja dalam segala bidang kerja ini, baik industri, pertelevisian, perbankan,  media, instansi pemerintah, bisnis dan ekonomi, dan lain sebagainya, dapat menjadi prospek kerja terbaik bagi lulusan teknik informatika.

 
2. Software Engineer 

Masih terkait dengan program, ada juga profesi software engineer yang bekerja dengan mengembangkan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Ya, siapapun klien anda, anda harus dapat menyesuaikannya dengan yang klien anda butuhkan. Misalnya, mengembangkan software untuk pendidikan untuk bisnis, untuk hiburan, untuk games, dan lain sebagainya. Perangkat lunak yang dikembangkan ini biasanya juga digunakan untuk simulasi – simulasi, lho! Ya, itu dia tugas dari software engineer, yang menjadi salah satu prospek kerja dari lulusan teknik informatika.

 
3. IT Consultant
 
Mendalami  bidang IT atau Teknologi Informasi tentu menjadikan seseorang menjadi fasih dan paham akan teori – teori teknologi, bahasa – bahasa pemograman, serta kelihaiannya membuat program berbasis komputer yang efektif untuk dijalankan. Atas asumsi ini, lulusan teknik informatika pun dapat menjadi seorang IT Consultant! Ya, dengan menjadi konsultan IT, seorang lulusan teknik informatika dapat menerapkan ilmu – ilmunya secara nyata dalam suatu organisasi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dalam menerapkan teknologi dan informasi di dalamnya. Keren!

 
4. Web Engineer / Web Administrator
 
Website adalah salah satu wujud nyata dari berkembangnya teknologi dan informasi sampai saat ini. Website menjadi media dan lahan untuk menyampaikan informasi yang berbasis komputer. Namun, untuk membuat website, tentu haruslah memahami rincian – rincian teori dari pemrograman, yang pada nyatanya hal ini ialah ranah pembelajaran dari lulusan teknik informatika. Ya! Menjadi perancang website lengkap dengan basis domain, fitur, fasilitas dan layanan yang diberikan di dalamnya, menjadi salah satu tugas dari web engineer ataupun web administrator. Selain merancangnya, web engineer atau web administrator juga memiliki tanghung jawab untuk melakukan pemeliharaan dan mengembangkannya lebih luas lagi jika dibutuhkan.

 
5. System Analyst / System Integrator
 
Masih terkait dengan perangkat lunak atau program yang berbasis komputer, lulusan teknik informatika juga memiliki prospek kerja sebagai System Analyst. Tugas dari seorang system analyst ialah melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan atau organisasi. Dari hasil analisis yang didapat, seorang system analyst berusaha menemukan jalan keluar da membuat solusi yang lebih mengedepankan teknologi dengan memanfaatkan software atau perangkat lunak yang direkomendasikannya.

 
6. Database Engineer / Database Administrator

Meski masih terkait dengan

Tags